My Diary.
to Share my Life Events

Pengertian dan Jenis – Jenis Domain Wajib Kamu Ketahui

Related image

Pemahaman Domain 
Domain adalah alamat dari satu web yang bisa dibuka oleh klien lewat mesin penelusuran.

Alamat domain ialah alamat yang akan kirim pesan ke IP server hosting. Jadi, saat kamu tuliskan satu alamat web pada mesin penelusuran, sebetulnya kamu terhubung IP server yang akan kamu menuju.

Nama domain berbentuk unik, tidak bisa ada nama domain yang sama antara 1 web dengan web lain. Contoh alamat domain contohnya www.whello.id.

Type – Type Domain 
Domain terbagi dalam beberapa type domain. Domain yang terpopuler yakni domain yang mempunyai ekstensi “ .com “. Saat ini banyak domain yang dapat kamu pakai. Seperti .net , .org , .id serta ekstensi domain yang lain.

Tersebut beberapa jenis domain bersama ekstensinya dari  Jasa Pembuatan Website dan Maintenance Perusahaan Jakarta :

1. Top Level Domain (TLD) 
TLD adalah type domain paling tinggi dalam susunan DNS di internet. Yang termasuk juga contoh dari TLD ialah .id , .com , .situs serta lain -lain.

TLD terbagi dalam beberapa macam domain, salah satunya:

a. Country Code Top Level Domains (CCTLD) 
CCTLD yakni domain yang berdasar pada penamaan geografis satu negara seperti .id untuk Indonesia, .us untuk United States serta .au untuk Australia.

Domain CCTLD bisa didaftarkan oleh siapa saja walau bukan masyarakat negara yang berkaitan. Contohnya bila kamu tinggal di Indonesia, tapi kamu dapat membuat domain web dengan ekstensi .au yang disebut CCTLD untuk Australia.

b. Generic Top Level Domain (GTLD) 
GDTL adalah domain umum yang bisa dipakai oleh siapa saja. GDTL pas buat kamu yang memerlukan domain ekstensi popular seperti .com atau .org . Diluar itu kamu pun tidak akan disibukkan dengan beberapa kriteria.

c. Premium Top Level Domain (PTLD) 
PTLD adalah domain yang penamaannya bisa di custom. Contohnya .site , .situs , .travel , .host , .doctor atau ekstensi yang lain.

PTLD lebih menerangkan detail satu web. Seperti pemakaian domain .travel pada web yang mengulas mengenai travel atau web yang memberi service produk atau layanan travel. Begitu juga dengan ekstensi custom yang lain.

2. Second Level Domain 
Second level domain yakni nama domain yang kamu daftarkan. Contohnya www.whello.id . Nah, kata “whello” berikut sebagai second level domain nya.

3. Third Level Domain 
Third Level Domain dikenal juga dengan panggilan sub domain. Sub domain dipakai untuk kepentingan tersendiri. Contohnya membuat sub info yang lepas dari domain penting tapi masih terkait serta dipakai untuk kebutuhan internal usaha di perusahaan.

Jadi contoh, ww.whello.id mempunyai sub domain seperti news.whello.id yang dipakai untuk kebutuhan perusahaan lakukan publikasi berita-berita, kegiatan serta info penting tentang perusahaan. Kata “news” adalah third level domain atau sub domain.

1. Pendaftaran Domain 
Waktu aktif domain sesudah dikerjakan register minimum sepanjang 1 tahun atau 365 hari.

2. Grace Period / Waktu Tenggang 
Sesudah 365 hari, domain akan expired (kadaluarsa) serta masuk waktu tenggang. Waktu waktu tenggang ialah 40 hari. Pada saat ini domain kamu tidak bisa berperan serta tidak bisa tampilkan web.

3. Redemption Period / Waktu Penembusan 
Sesudah 40 hari, domain kamu akan alami waktu penembusan. Waktu penembusan berdurasi 30 hari. Pada saat ini domain bisa diperpanjang. Tetapi, cost memperpanjang domain kamu dapat sampai 10 kali lipat dari harga memperpanjang normal.

4. Pending Deletion 
Saat domain kamu masuk waktu pending deletion, karena itu domain kamu tidak bisa diperpanjang. Waktu pending deletion yakni sepanjang 5 hari serta sesudah itu baru dapat didaftarkan kembali.

Saat domain kamu dihapus serta ingin menggunakan kembali. Karena itu begitu dianjurkan untuk selekasnya mendaftar kembali. Sebab bila domain kamu awalnya berkualitas, peluang akan ada orang yang tertarik mendaftar nama domain kamu juga.

Berdasar pada keterangan di atas, apa kamu telah pahami apakah itu domain? Type domain apa yang akan kamu pakai? Kamu harus juga memakai nama domain yang unik serta menarik supaya web kamu gampang diingat oleh beberapa orang.
B Hartanto B Hartanto Author