My Diary.
to Share my Life Events

7 Cara Merawat Sepatu Bahan Suede Supaya Terlihat Baru

7 Cara Merawat Sepatu Bahan Suede Supaya Terlihat Baru

Suede ialah dari sisi bawah kulit hewan yang lebih lembut serta lentur. Tidak hanya material kulit, banyak pula yang suka pada sepasang sepatu serta boots, sampai jaket memiliki bahan suede. Senang sich sah-sah saja. Rintangannya ialah saat menjaga sepatu memiliki bahan peka ini dalam keadaan baik, ditambah lagi dalam periode waktu lama. Khususnya bila sedang masuk musim hujan yang serba lembab. Komponen musim hujan seperti air, becek, debu jadi lawan penting bahan suede, intinya yang berwarna hitam.

Sebab kamu barusan mengeklik situs ini, paling tidak kamu jadi tahu bagaimanakah cara menjaga sepatu memiliki bahan super tricky ini. Ya, ya agar uang Rp500ribu yang telah kamu mengeluarkan untuk membelinya dapat awet dalam hitungan tahun yaa.

Turuti tujuh panduan berikut untuk pastikan sepatu suede kamu tetap kelihatan baru.

1. Jagalah model sepatu safety Dengan Spray Pelindung
Sama dengan kamu yang tidak ada dibawah panas matahari tanpa ada sunscreen, sepatu memiliki bahan suede butuh perlindungan tambahan sebelum kamu digunakan. Sediakan spraypelindung sepatu suede yang dapat kamu temukan di toko reparasi sepatu. Terapkan dengan tipis saja cukup sudah menjaga permukaan berbahan sepanjang beberapa waktu. Perlindungannya juga membuat kotoran tidak gampang melekat serta menyerap ke berbahan. Panduan yang butuh diingat : sebelum dan setelah disemprot, yakinkan untuk menyikatnya.

2. Alternatif Sikat
Punyai nail buffer yang telah tidak terpakai? Jangan dahulu dibuang ya sebab dia dapat kamu gunakan jadi alternatif peranan sikat yang tambah lebih lembut untuk bersihkan permukaan bahan suede. Coba deh! Tentu bertambah shiny.

3. Membersihkan Noda Bandel dengan Cuka Putih
Aduh, terkena kopi deh sepatu baru kamu. Tenang! Untuk bersihkan mudah seperti kopi atau soda, gosok kotoran dengan penghapus (seperti ampelas) untuk menyikatnya. Untuk noda yang lebih berat, hapus noda memakai sedikit cuka putih pada handuk bersih. Usap seringkali sampai Kamu lihat noda itu perlahan menghilang.

4. Pakai Bedak Tabur atau Corn Meal
Bila kamu menumpahkan cairan ke sepatu suede kamu, tepuk-tepuk ruang itu dengan kain bersih atau handuk dan berikan satu lapis tepung jagung atau bedak tabur. Diamkan semalaman, dan sikat esok harinya dengan sikat suede untuk meniadakan bubuk yang ketinggalan.

5. Gunakan Sikat Gigi
Bila suede Kamu mulai kelihatan capek serta tidak memiliki tekstur (aahh susah!), coba gosok dengan sikat gigi bersih atau handuk memiliki bahan terry cloth (handuk memiliki tekstur). Bila keadaan permukaan sepatu kamu benar-benar memprihatinkan, tempatkan sepatu di atas uap (bisa dari panci) sepanjang beberapa menit, selanjutnya gosok dengan handuk.

6. Jangan Membersihkan dengan Air!
Jangan sampai coba bersihkan suede cukup dengan air saja sebab dia bisa mengubah warna serta struktur suede kecintaan kamu.

7. Berikan ke Tangan Pakar
Bila semua langkah yang kamu coba masih tidak berhasil, pikirkan untuk bersihkan sepatu dengan professional. Tentu saja, ini ialah langkah paling baik untuk pastikan jika suede kamu kelihatan baru . Cosmo bicara masalah jaket bahan suede kamu, yang semakin lebih awet bila kamu membersihkannya dahulu ke laundry sebelum menyimpannya di almari pada saat musim kemarau kelak.
B Hartanto B Hartanto Author