My Diary.
to Share my Life Events

Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Walau tetap tertutup, bukan bermakna kaki lepas dari perhatian, lho. Ini sebab kaki salah satu anggota badan yang paling berkeringat. Hingga bila tidak dirawat, beberapa rutinitas malah dapat membuat kaki keluarkan berbau tidak enak.

Biasanya, berbau kaki itu dikarenakan oleh bakteri yang bergabung serta tinggal di permukaan kulit/sepatu. Waktu bakteri bergabung, mereka akan keluarkan gas bau menusuk, seperti gas propanoic, methanethiol, serta isovaleric acid. Ke-3 gas itu akan memunculkan berbau yang berlainan pada kaki. Misalnya, gas propanoic acid yang memunculkan berbau kecut, gas isovaleric acid yang memunculkan berbau keju serta tengik seperti cuka, dan gas methanethiol acid yang memunculkan berbau seperti belerang serta keju. Itu kenapa berbau kaki tiap orang dapat berlainan, sebab pemicunya berlainan.

Tetapi apa pun pemicunya, berbau kaki pasti tidak enak. Sebab tidak hanya membuat kamu tidak yakin diri, berbau kaki dapat juga membuat orang lain tidak nyaman berada di dekat kamu. Karenanya, supaya kamu tidak "terjerat" dengan berbau kaki, kamu butuh menahan timbulnya berbau kaki dengan cari tahu sebabnya. Apa pemicu berbau kaki? Cari info di sini, yuk!

Kaki Lembab
Kaki yang lembab akan membuat bakteri lebih gampang dalam cari tempat untuk tumbuh serta berkembang biak. Bakteri-bakteri itu akan mengonsumsi keringat di kaki serta membuahkan asam yang mengakibatkan berbau tidak enak. Karenanya, yakinkan kamu memakai jual sepatu safety sesudah kaki dalam kondisi kering, ya.

Pergantian Hormon
Ada yang katakan bila remaja serta ibu hamil rawan alami berbau kaki. Ini sebab pergantian hormon yang berlangsung karena pubertas serta kehamilan bisa tingkatkan produksi keringat di badan, khususnya di kaki yang mempunyai banyak kelenjar keringat. Nah, bila keringat di kaki bersatu dengan bakteri, maka memunculkan berbau yang tidak enak.

Jarang-jarang Membersihkan Kaki
Jarang-jarang membersihkan kaki dapat menyebabkan berbau kaki. Ini sebab keringat yang penuhi kaki dapat bersatu dengan bakteri serta mengakibatkan berbau yang tidak enak. Itu kenapa kamu disarankan untuk membersihkan kaki sesudah melancong. Jadi supaya kaki tidak berbau, kamu butuh bersihkan kaki tiap hari dengan sabun yang memiliki kandungan anti bakteri serta anti jamur. Kemudian, keringkan kaki sampai antara jari, sampai kaki tidak berasa lembab .

Jarang-jarang Membersihkan Sepatu serta Kaos Kaki
Tidak hanya sebab jarang-jarang membersihkan kaki, rutinitas jarang-jarang membersihkan sepatu serta kaos kaki dapat juga menyebabkan berbau kaki. Ini sebab bakteri pemicu berbau kaki dapat melekat pada sepatu serta kaos kaki yang jarang-jarang kamu membersihkan. Jadi, jauhi pemakaian sepatu serta kaos kaki yang sama lebih dari dua hari beruntun sebab keringat akan melekat serta memiliki kandungan beberapa bakteri pemicu permasalahan berbau kaki. Supaya keringat serta bakteri yang melekat dapat hilang, karena itu kamu butuh membersihkan sepatu serta kaos kaki yang telah beberapa hari kamu pakai. Tetapi bila kamu baru memakai sepatunya sehari, kamu dapat menaruh sepatu dalam tempat yang perputaran udaranya baik serta mengangin-anginkan sepatu dengan periodik supaya sepatu tidak lembab.
B Hartanto B Hartanto Author